Sabtu, 18 Juli 2009

Surat Ta'aruf


Bismillahirrahmanirrahiim.......
Menjadi muslim adalah karunia yang terbaik dari Allah.Kecenderungan hati kepada kebenaran disambut Allah dengan hidayah.Upaya menuju keselamatan dibalas dengan terangnya jalan menuju kedamaian.Oleh karenanya setiap muslim harus merasa berkewajiban melakukan sesuatu atas pemberian Rabb-nya.

Balasan terbaik dari setiap muslim atas karunia itu adalah memperbaiki diri dan membantu manusia lain memperoleh karunia,sebagaimana ia telah memperoleh sebelumnya.Kemudian mewarnai setiap sisi kehidupan dengan warna keagunganNya.Tidak ada jalan bagi si pembawa risalah yang sadar sebagai makhluk lemah dalam kesendiriannya mampu menunaikan misi tersebut,kecuali meleburkan diri dalam dakwah dengan bekerjasama satu sama lain.Kerja dakwah merupakan upaya sebaik-baiknya dalam mengerahkan dan mengarahkan semua sumber daya dakwah ( sumber daya muslim ) menuju cita-cita Islam dalam kekuatan iman dan cinta karena Allah.
" Jika kamu membelanjakan semua ( kekayaan ) yang ada di bumi,niscaya kamu tidak dapat mempersatukan hati mereka,akan tetapi Allah-lah yang mempersatukan hati mereka itu " (Al-Anfal : 63 )

Salah satu wujud dari keberhasilan dakwah adalah terbentuknya keluarga sakinah,mawadah dan rohmah dari individu-individu yang konsisten berada dijalan dakwah dengan petunjuk Al-Qur'an dan Sunnah Rasul-Nya.

Keluarga sebagai tatanan kecil dari masyarakat yang merupakan bentukan fitrah yang sangat dibutuhkan oleh manusia dan menjadi fondasi bagi kehidupan yang benar yang telah ditunjukkan oleh Allah SWT melalui firmanNya ( annisa' : 1 )
Islam mengarahkan bentukan rumah tangga sakinah,mawadah dan rohmah melalui pernikahan.

Pernikahan merupakan aqad untuk meninggalkan kemaksiatan untuk saling mencintai karena Allah,saling menghormati dan menghargai,saling menguatkan keimanan,saling membantu dan meringankan beban,saling menasehati.Setia kepada pasangannya dalam suka dan duka,dalam kefakiran dan kekayaan,dalam sakit dan sehat untuk meniti hari-hari dalam kebersamaan.
Saling melindungi,saling memberikan rasa aman,saling mempercayai,saling menutup aib,saling mencurahkan perasaan,berlomba menunaikan kewajiban,saling memaafkan kesalahan ,tidak menyimpan dendam dan kemarahan.Tidak mengungkit-ungkit kelemahan,kekurangan dan kesalahan.Tidak menyakiti perasaan dan badan.Lembut dalam perkataan,santun dalam pergaulan.Indah dalam penampilan,mesra dalam mengungkapkan keinginan.Saling mengembangkan potensi diri,saling menumpahkan kasih sayang,saling merindukan.Tidak memaksakan kehendak,tidak saling membiarkan dan saling meninggalkan.
Pernikahan juga merupakan aqad untuk menebarkan kebajikan,mencetak generasi berkualitas,siap menjadi bapak dan ibu bagi anak-anak,aqad untuk membangun peradaban dan untuk segala yang bernama kebaikan !

Saudariku....
Berdasarkan pemikiran dan perasaan diatas,kuungkapkan keinginan yang sangat dalam untuk menikah karena Allah.

Demikian sekilas perkenalan dan sepenggal harapan atas daya upaya seorang hamba mendekatkan diri kepada RabbNya dan sunnah RasulNya.
Semoga kita diberi ketetapan hati untuk bertanggung jawab di hadapan Allah SWT agar kebahagiaan rumah tangga,pendidikan anak dan pembinaan keluarga yang utama.......
Pada saat itu rumah tangga kita menjadi pembentuk para pahlawan,madrasah yang menghasilkan orang-orang besar dan surga yang memberikan naungan yang teduh.......
Pada hari itu kaum mukminin merasakan kebahagiaan dengan pertolongan Allah SWT.Amiin.
Allahumma sholi 'ala Muhammad wa 'ala ali Muhammad


Ini adalah surat ta'aruf dari calon ayah ketiga anak-anakku 8 tahun yang lalu.......
Semoga Allah berkenan mengabulkan semua yang telah menjadi harapan kami itu...........






Tidak ada komentar: