Selasa, 08 Desember 2009

Makanan Pendamping ASI yang Pertama

Makanan padat pertama yang aku berikan untuk ketiga anakku adalah buah pisang ambon yang matang.Kenapa pisang ambon?bukan bubur instan atau bubur nasi saring dengan sayuran dan ati ayam seperti kebanyakan ibu-ibu lakukan ?
1. Pisang ambon adalah makanan alami yang lembut yang mengandung gizi lengkap.
Jika bayi kita alergi terhadap makanan barunya ini,akan mudah terdeteksi karena hanya 1 jenis saja yaitu pisang.Tetapi kalau yang dimakan adalah bubur nasi dengan bayam serta kaldu ayam misalnya,sulit bagi kita untuk mengetahui bahan makanan mana yang tidak bisa dia konsumsi : nasi,bayam atau kaldu ayamnya.
2.Tidak perlu dimasak,praktis untuk mencoba makanan baru dan dijamin utuh kandungan vitamin dan mineralnya,karena tidak terkena panas.
3.Ada banyak bayi pada usia dibawah 10 bulan tubuhnya belum menghasilkan enzim amilase,yaitu enzim yang diperlukan untuk mencerna zat pati.Nasi/gandum mengandung zat pati yang sangat tinggi (dominan).

Ini yang aku lakukan ketika aku memberi makanan padat pertama pada anak-anakku ketika mereka masih bayi :
1.Berikan hanya sebanyak 2 sendok teh dan diencerkan dengan air susu yang biasa dia minum (ASI atau susu formula) sebanyak 1 sendok makan saja.
2.Jangan diberikan lagi makanan tsb diatas sebelum bayi BAB,untuk melihat tekstur dan kepadatan fesesnya.Untuk mencegah bayi sembelit.
3.Bila aman,berikan lagi dengan porsi yang sama sehari satu kali saja selama beberapa hari,baru ditambah menjadi 2 kali sehari.
4.Bila BAB-nya normal,tidak keras,kasar atau hitam,bisa ditambah porsinya sesuai dengan kebutuhannya,Jangan paksa dia untuk menghabiskan makanannya.Lakukan selama 1 minggu lagi.
5.Setelah lewat waktu tsb,pisang dapat diencerkan dengan air jeruk baby mandarin,bukan baby pacitan karena rasanya agak getir.
6.Setelah itu aku cobakan makanan lain.

Hal ini aku lakukan agar terhindar alergi makanan pada anak.Alergi sangat erat kaitannya dengan sistem kekebalan tubuh.Semoga bermanfaat :)

Tidak ada komentar: