Jumat, 18 Desember 2009

Peran PRT padaTumbuh Kembang Anak


Cukup banyak ibu yang tidak menghendaki adanya seorang pembantu di dalam rumahnya dengan alasan stress karena seringkali apa yang mereka kerjakan tidak sesuai dengan keinginan sang majikan.Pekerjaan yang kurang rapi,cuci piring kadang kurang bersih,harus di beri instruksi berulang kali pada pekerjaan tertentu.

Jika anak-anak sang ibu sudah dewasa mungkin tidak jadi masalah untuk memutuskan tidak memiliki seorang pembantu karena alasan tsb.Tetapi jika sang ibu memiliki anak kecil lebih dari satu apalagi diantaranya masih balita,menggunakan jasa PRT tentunya patut dipertimbangkan.Mereka dapat mempunyai andil besar dalam tumbuh kembang anak asal kita mengerti bagaimana memanfaatkan jasa mereka secara optimal.

Peran PRT dalam tumbuh kembang anak :
  • Membantu kita menjaga anak-anak lain ketika kita sedang mengurusi salah satu anak sehingga aktivitas mereka tidak terputus.Misalnya anak-anak sedang bermain dengan menggunakan gunting,pembantu dapat menjaga mereka,sehingga kreatifitas anak dapat diteruskan.
  • keinginan anak akan segera dapat terpenuhi manakala kita sedang sibuk pada satu pekerjaan yang sulit segera ditinggalkan.Misalnya ketika sedang menerima telepon penting,ada anak yang minta dibetulkan mainannya,pembantu kita dapat segera melakukannya sehingga keceriaan anak tetap terjaga.Keceriaan sangat dibutuhkan dalam proses belajar anak.
  • Membantu kita membuat berbagai macam snack dan minuman kesukaan anak yang berkualitas secara kontinyu.Sehingga kesehatan anak akan lebih terjaga dan mengurangi kebiasaan jajan pada anak.
  • Kesehatan fisik kita lebih terjaga karena kita dapat beristirahat relatif cukup karena ada yang menjaga anak-anak kita dan kita tidak kelelahan dengan banyaknya pekerjaan rumah.Sehingga emosi kita bisa lebih terjaga dalam menghadapi anak-anak.
  • Sangat membantu kita dalam usaha kita mendapatkan penghasilan tambahan yang digunakan untuk menutup biaya ekstra pendidikan dan makanan anak-anak,sehingga mereka lebih sehat dan cerdas.
  • Intensitas bermain kita dengan anak menjadi jauh lebih besar karena kita tidak terus-menerus disibukkan oleh pekerjaan rumah,sehingga target-target kecil kita dalam mendidik anak dapat tercapai dengan lebih baik.
Tulisan ini dibuat berdasarkan pengalaman saya dalam membesarkan ketiga buah hati saya yang kini usianya masih 7 tahun kebawah.Luar biasa sibuknya bila kita tidak ditolong oleh seorang pembantu.Pembantu tetap diperlukan meskipun hanya mencuci dan menyetrika pakaian agar waktu kita tetap terjaga untuk anak yang sedang dalam masa kritis kehidupannya.

Tidak ada komentar: